Support : alikhlastaliwang@gmail.com

EMAIL

alikhlastaliwang@gmail.com

Call Now

+6281 1390 448

POST

  • Home
  • Post
  • Perkenalan dan Uji Metode Tahfidz Rabbani (Menghafal Mudah dengan Nomor dan Posisi Ayat)
Perkenalan dan Uji Metode Tahfidz Rabbani (Menghafal Mudah dengan Nomor dan Posisi Ayat)
03 Feb

Perkenalan dan Uji Metode Tahfidz Rabbani (Menghafal Mudah dengan Nomor dan Posisi Ayat)

Taliwang - Alhamdulillah, pada momentum milad Al-Ikhlas Taliwang ke-36 ini, salah satu bagian dari peringatan tersebut adalah pengenalan dan uji coba metode Rabbani li tahfidz al-qur’an. Metode ini merupakan metode yang dicetus oleh Al-Ustadz Lalu Mujahid Imaduddin, S.H.I, M.Ag salah satu Pimpinan Pondok Pesantren Al-Ikhlas Taliwang.

Ustadz Imad sapaan akrabnya dalam sambutannya, sebelum menguji hafalan 6 orang santri/ah pada momentum milad ini, menyatakan bahwa Metode Rabbani ini masih dalam tahap uji coba, dan sudah berjalan selama 10 hari masa program karantina tahfidz al-qur’an di Al-Ikhlas Taliwang. “alhamdulillah dalam masa uji coba yang telah berjalan selama 10 hari karantina ini, anak-anak ada yang sudah berhasil masuk pada juz ke-5”, keterangan dari ust imad.

Program Karantina Tahfidz Al-Qur’an ini, merupakan program karantina perdana yang dilaksanakan oleh pondok setelah sebelumnya secara resmi menjadi Mitra Yayasan Karantina Tahfidz Al-Qur’an Nasional ke-90 pada tgl 15 desember 2019 lalu. Untuk karantina perdana ini, dikhususkan buat Santri Akhir KMI dengan harapan mampu menghafal 30 Juz al-qur’an sebelum mereka diwisuda sebagai alumni pada awal bulan Ramadhan ini.


Salah satu keunikan Metode Rabbani ini adalah kemampuan para santri dalam menghafal al-qur’an dengan nomor ayat dan posisinya sekaligus, sehingga ke-6 Santri/ah Akhir KMI yang dipanggil saat uji hafalan mampu menjawab pertanyaan beserta nomor ayat dengan posisinya sekaligus. Para santri juga mampu menghafal al-qur’an dari bawah ke atas atau mundur ke belakang.

Mudah-mudahan dalam masa uji coba metode Rabbani litahfidz al-qur’an ini, bisa lebih matang sehingga dapat memberikan sumbangsih manfaat untuk kepentingan perjuangan ke depan. Amin.


Tag: