Support : alikhlastaliwang@gmail.com

EMAIL

alikhlastaliwang@gmail.com

Call Now

+6281 1390 448

POST

  • Home
  • Post
  • Belajar Dari Andalusia
Belajar Dari Andalusia
15 Dec

Belajar Dari Andalusia

Tahun 2008, alhamdulillah, saya berkesempatan menyaksikan langsung peninggalan kejayaan peradaban islam, seperti kemegahan istana Al-Hamra di kota Granada , keindahan Masjid Katedral dan puing2 Madinatuz Zahra di kota Cordoba Andalusia Spanyol.

Kekhalifahan Islam memang pernah berjaya di Spanyol.
Cukup lama , hampir 800 tahun,dari tahun 711 M ketika Thariq bin Ziad atas permintaan rakyat yang tertindas datang membebaskan mereka dari kezholiman Raja Roderick,sampai tahun 1492 M yang jatuh ke tangan Raja Ferdinand dan Ratu Isabel.

Saya tertegun melihat prasasti yang ditandatangani Raja dan Ratu tertanggal 2 Januari 1492 M di lantai teratas istana Al Hamra.

Walaupun alqur`an (ali imron: 140) telah mengabarkan bahwa kekuasaan akan Allah pergilirkan diantara manusia, namun tidak mengurangi keingintahuan saya tentang faktor yang menyebabkan keruntuhan Andalusia Islam tersebut.

Diantara banyak faktor seperti hilangnya peran ulama,kehidupan istana dan keluarga yang bermewah mewah, saling berebut kekuasaan, maka salah satu faktor penting adalah hilangnya hak penguasaan atas tanah.
Kaum muslimin tanpa sadar,sedikit demi sedikit, namun berlangsung terus menerus, mulai kehilangan tanah milik mereka.

Ada ungkapan : "Kuasai tanahnya , kuasai bangsanya"

Israel berkuasa karena mereka sudah menguasai tanah bangsa Palestina.

Ya......dari jendela kereta api eksekutif Argo Bromo aku menghela nafas panjang. Sejauh mata memandang. Indahnya negeriku. Kayanya negeriku.

Siapakah pemilik tanah ini ?
Siapakah yang kuasai tanah ini ?
Masihkah tanah negeri ini milik kami ?

25.02.`18